Saturday, September 27, 2014

Memahami Tentang Pembuatan Array dan Penggunaannya - PHP

Array adalah sebuah wadah atau tempat berisi beberapa string yang berjenis sama. Juga sering digunakan sebagai pengelompokan atau perpecahan dalam sebuah proses pengulangan. Array sangat penting dalam sebuah proses pengolahan data baik secara terpisah maupun kelompok, dengan menyimpan data dalam satu variabel memudahkan sebuah proses pengulangan tanpa harus berurusan dengan pengolahan yang lebih spesifik.

Semakin dijelaskan maka saya sendiri semakin bingung menggunakan kalimat yang tepat untuk menerangkannya. Intinya, Array adalah sebuah variabel yang bisa menampung beberapa string/data sekaligus. Anda akan lebih mudah memahaminya melalui contoh penggunaanya.

Pembuatan dan pemanggilan array ada beberapa cara. Mari kita kita bahas cara-cara pembuatannya. Saya hanya akan menjelaskan cara umum yang paling simple dalam penggunaan array

1. Membuat Array
Misalhkan kita mempunyai data nama-nama orang yang sudah kita kelompokkan, misal nama teman sekelas antara lain: Budi, Andi, Ani, Mira dan Asih. Kalau kita menyimpannya masing-masing dalam sebuah variabel tentu tidak masalah. Tapi jika kita bermaksud membuat script yang komplek dengan sistem pengulangan penggunaan array adalah cara yang tepat. Karena jika disimpan di masing-masing variabel kita akan direpotkan dengan mengatur logika pemanggilan variabelnya. Penjelasan mengenai pemanggilan kita bahas nanti.

Contoh 1:
<?php
$temanku[0]="Budi";
$temanku[1]="Andi";
$temanku[2]="Ani";
$temanku[3]="Mira";
$temanku[4]="Asih";
?>

Penjelasan:
Pada contoh di atas. kita punya satu variable yaitu "$temanku", tanda kurung siku bernomor adalah menandakan nilai array. array tersebutlah yang membedakan data dari satu variabel tersebut.

Contoh 2:
<?php
$temanku=array("Budi","Andi","Ani","Mira","Asih");
?>

Penjelasan:
Contoh kedua ini dibuat secara array original dengan sintaks secara langsung array(). Tapi tetap saja, setiap string/nama dalam array tersebut memiliki nilai [0], [1], [2] dst... Jadi jika ingin memanggil salah satu nama maka menggunakan nilai tersebut. Misal ingin memanggil nama "Ani" yaitu dengan $temanku[2]. Ingat, nilai array berawal dari nol (0).

Dari kedua contoh di atas untuk menggunakannya dalam "echo" harus memasukkan nilai arraynya. Jika tidak maka akan terjadi error/kesalahan.

Contoh pemanggilan:
<?php
$temanku=array("Budi","Andi","Ani","Mira","Asih");

echo $temanku[3];

?>

Maka, yang muncul adalah nama "Mira".

Bagaimana, sudah mengerti? jangan melewatkan mempelajari array. karena ini sangat penting terutama yang berhubungan dengan pemanggilan database.

Jika sudah mengerti cara pembuatannya. Selanjutnya, mari kita coba bahas cara penggunaanya dalam pengulangan. Pada contoh pengulangan ini saya menggunakan fungsi for(). Jika Anda belum memahami fungsi ini. silahkan cek postingan memahami penggunaan for().

2. Penggunaan Array
Misalkan kita ingin membuat baris yang berulang-ulang seperti:

Temanku adalah Budi
Temanku adalah Andi
Temanku adalah Ani
Temanku adalah Mira
Temanku adalah Asih

Tentu tidak masalah membuatnya secara manual dengan masing-masing variable. Tapi bagaimana kalau jumlahnya ada ratusan. Tentu kita akan kerepotan mengetik scriptnya. untuk itulah pengulangan dengan array sangat penting. Perhatikan pada contoh di bawah ini:

<?php
$temanku=array("Budi","Andi","Ani","Mira","Asih");

for($i=0; $i<=5; $i++){
echo "Temanku adalah $temanku[$i]";
}

?>

Maka hasilnya akan sama seperti barisan di atas tadi.

Penjelasan:
Array dalam $temanku dipanggil dengan pengulangan menggunakan fungsi for() di awali dari 0 dan berakhir dengan nilai 5. $i adalah variabel penentu data pengulangan (pahami tentang for() pada postingan pemahaman penggunaan for()).

Bagaimana, mudah bukan. Anda cuma perlu memahaminya. Contoh di atas adalah script sederhana pemanggilan array dalam pengulangan. Untuk yang lebih komplek saya akan buatkan tutorial di lain waktu. Seperti pemanggilan nilai dalam database ke dalam array hingga menampilkannya secara utuh.

Demikian tutorial hari ini. Semoga Anda mudah memahaminya. Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan pertanyaan pada bidang komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumppa pada tutorial selanjutnya.

No comments:

Post a Comment