Tuesday, September 16, 2014

Cara Pindah Halaman Dengan Header() + Delay - PHP

Selamat datang, pembahasan PHP kali ini tentang cara berpindah/mengalihakan ke halaman lain. Hal ini biasanya diterapkan dalam skrip logika yang mana ketika sebuah proses dilakukan dalam sebauh kondisi tertentu, maka akan berpindah ke halaman yang telah ditentukan.

Contoh sederhana misalkan dalam pembuatan halaman login. Saat pengguna men-submit form login, maka akan beralih ke halaman yang berisi script autentikasi yang menentukan apakah pengguna ini benar memiliki akun atau tidak, email dan password benar atau salah dan kondisi lain. Jika pengguna terdaftar maka otomatis pindah ke halaman khusus pengguna. Jika tidak atau email dan password salah maka akan di kembalikan/alihkan ke halaman sebelumnya untuk mencoba login kembali.

Salah satu cara umun dan sering digunakan dalam mengalihkan halaman adalah dengan menggunakan perintah header(). Jadi, header() berfungsi mengalihkan halaman dalam sebuah proses skrip baik dengan atau tanpa melibatkan aktifitas dari penggunanya secara langsung.

Memang agak sedikit sulit memahami teorinya, tapi lebih mudah untuk diterapkan. Anda akan langsung mengerti fungsi dari perintah ini jika mencobanya.

Perintah ini memiliki beberapa komponen. Tapi kali ini saya hanya akan membahas yang umum saja tanpa embel-embel yang menyulitkan.

Susunan perintahnya adalah:
header("location: halaman yang di tuju");
Perhatikan contoh di bawah ini

<?php
      $pertama=1;
      $kedua=2;
      if($pertama==$kedua){
            echo "hasilnya sama";
      } else {
            header("location:log.php");
      }
?>

Penjelasan:
Pada contoh di atas adalah script logika tentang sebuah hasil. Dengan kondisi Jika $pertama sama dengan $kedua maka akan menampilkan "hasilnya sama". tapi jika salah makan akan di alihkan ke halaman log.php. Jadi, karena hasilnya salah, maka akan langsung berpindah ke halaman log.php

Contoh kedua saya jelaskan dengan menggunakan delay atau penundaan.
perintahnya adalah:
header("refreshwatu_penundaan_dalam_detik halaman_yang_dituju");
Perhatikan contoh di bawah ini:

<?php
      echo "hai, apa kabar?";
      header("refresh:5;log.php");
?>

Penjelasan:
Setelah halaman termuat yang berisi kalimat "hai, apa kabar?". dalam waktu 5 detik akan berpindah otomatis ke halaman log.php.

Sederhana bukan. Anda bisa buat dan belajar dengan kondisi lainnya agar Anda semakin memahami perintah ini.

Sebenarnya, fungsi header ini memiliki banyak kegunaan, yang lebih komplek lagi dalam hal yang bersifat data dan identifikasi. Tapi kita akan bahas pada lain waktu.

Demikian tulisan hari ini. Semoga berguna. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.

No comments:

Post a Comment