Saturday, September 6, 2014

Cara Membuat Bilangan Ribuan Dalam PHP

Selamat datang di tutorial PHP. Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara membuat bilangan angka ribuan, jutaan dan lain-lain. Intinya bagaimana membuat bilangan dengan tanda pemisah ribuannya.

Jika kita membuat hitung-hitungan dalam php terutama yang bernilai integer tentunya kita tidak bisa memberi tanda titik di antara ribuannya. Hal itu akan membuat penjumlahan menjadi error. Misalkan menjumlah 

$pertama=1000;
$kedua=500;
$hasil=$pertama+$kedua;
echo "$hasil";
?>

Saat menampilkannya dengan "echo" yang tampil adalah angka 1500, bukan 1.500 dengan tanda pemisah. Jika Anda mencoba memberi titik pada nilai $pertama=1.500; begitu ditambahkan dengan $kedua hasilnya adalah 500.500. Karena dalam nilai integer PHP ribuan tidak dikenal denga tanda pemisah.

Bagaimana caranya membuat bilangan ribuan? sangat mudah, hanya dengan perintah "number_format()" maka nilai dalam variabel akan di tanda pemisah di setiap ribuan.

Contoh penggunaan:


$bilangan=2500;
$hasil=number_format($bilangan,0,',','.');
echo "$hasil";
?>

Maka, hasil akhir dari script di atas adalah 2.500.

Berbeda dengan javascript yang tidak memiliki fungsi khusus untuk sebuah bilangan ribuan. Yang mengharuskan membuat script yang sangat panjang untuk mendapatkan pemisah di antara setiap ribuannya. PHP di bekali dengan banyak kemudahan.

Mari kita bahas fungsi dari setiap komponen dari number_format()
Contoh:
number_format('nilai','jumlah pecahan desimal', 'pemisah desimal', ' pemisah ribuan');
number_format = Perintah
nilai = nilai integer yang akan di eksekusi. Pada contoh:$bilangan/2500
Pecahan desimal = jumlah pecahan desimal di belakan koma, Misal 2 menjadi 2500,00. Pada contoh:0
Tanda pemisah desimal = tanda pemisah bilangan desimal. Pada contoh: koma(,).
Tanda pemisah ribuan = tanda pemisah ribuan. Pada contoh: titik(.)

Anda bisa mengganti setiap komponennya. misal mengganti tanda pemisah ribuan menggunakan strip (-), koma (,), titik dua (:), apapun tidak terpaku seperti contoh.

Semoga penjelasan singkat ini membuat Anda memahami bagaimana cara membuat bilangan ribuan dalam PHP. Jika Anda masih bingung silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.

No comments:

Post a Comment