Tuesday, September 9, 2014

Cara Memecah Teks Dengan explode() PHP

Kali ini saya akan membagikan tutorial dalam PHP bagaimana cara memecah teks menjadi beberapa bagian. Perintah yang digunakan untuk memecah dan mengambil bagian dari teks yang ingin dieksekusi adalah explode(). 

Explode() digunakan untuk memecah atau mengambil bagian tertentu dalam sebuah teks. Penggunaannya dengan mendeteksi karakter tertentu dalam sebuah teks kemudian memecahnya sesuai jumlah karakter yang ditemukan. Hasilnya akan disimpan dalam bentuk array

Berikut adalah komponen dari perintah explode()

explode("tanda/karakter pemotong","teks");

penjelasan:
explode = perintah utama
tanda/karakter pemotong =  karakter yang kita pilih dimana potongan teks itu terjadi
teks = teks yang akan dieksekusi

Contoh: 
Buatlah sebuah teks panjang dalam sebuah variabel

     $teks="Nama saya Deny. saya seorang pelajar di SMA 1. Hobi saya adalah musik";

Dari contoh variabel di atas kita coba dalam dua soal eksekusi. Semoga contoh ini membantu Anda mengerti

1. Bagaimana cara memotong teks?
Misalkan pada soal di minta memotong teks tersebut dan membaginya sesuai kalimat baca. Artinya kita memotong di setiap tanda titik (.). Cara penyelesaiinya adalah 
     $teks="Nama saya Deny. saya seorang pelajar di SMA 1. Hobi saya adalah musik";
     $pecah=explode(".",$teks);
     echo "          kalimat 1 = ".$pecah[0]."
          kalimat 2 = ".$pecah[1]."
          kalimat 3 = ".$pecah[2]."
     ";?>
Maka, hasil dari script di atas adalah:
     kalimat 1 = Nama saya Deny
     kalimat 2 = saya seorang pelajar di SMA 1
     kalimat 3 = Hobi saya adalah musik
Tambahan penjelasana sedikit. 
  1. perlu diingat, nilai array selalu berawal dari nol (0).
  2. Karakter pemisaha tidak termasuk dalam hasil
  3. karna hasil dalam bentuk array, jangan lupa saat di tampilkan dengan echo harus dikeluarkan/menggunakan metode echo untuk script khusus dengan menambahkan tanda titik di depan dan belakang script seperti contoh ".$pecah[0].". Walaupun di beberapa kasus PHP masih bisa menterjemahkan script tanpa titik didepan. hanya perlu diingat apabila terjadi error.
Lanjut pada soal kedua

2. Bagaimana cara mengambil bagian tertentu saja?
Misalhkan diminta untuk mengambil nama dari dalam teks tersebut, sedangkan karakter pemisahnya berbeda depan dan belakang. Caranya penyelesaiannya dengan explode ganda. Mari simak contoh di bawah ini:

Sebelumnya, kita kenali dulu karakter yang berada di depan dan belakang dari nama "Deny". Hati-hati karna banyak karakter yang sama. pilihlah karakter yang hanya ada satu dalam teks. Kita bisa mengambilnya sepanjang apapun. 
  • Karakter di depannya kita pakai "saya " (masih ada spasi di belakangnya).
  • Karakter di belakangnya kita ambil tanda titik (.).
     $teks="Nama saya Deny. saya seorang pelajar di SMA 1. Hobi saya adalah musik";
     $pecah1=explode("saya",$teks);
Dari hasil script ini maka akan menghasilkan variabel pecah1 yang berisi : 
$pecah1[0] = Nama 
$pecah1[1] = Deny. saya seorang pelajar di SMA 1. Hobi saya adalah musik.

Lanjutkan scriptnya. dengan mengambil variabel pecah1[1].
     $pecah2=explode(".",$pecah[1]);
Dari hasil script ini menghasilkan 
$pecah2[0] = Deny
$pecah2[1] =  saya seorang pelajar di SMA 1. Hobi saya adalah musik.

Jadi, terakhir kita tinggal echo saja hasil variabelnya menjadi
     echo pecah2[1];
Maka, hasil akhirnya akan menampilkan nama yang sudah ditentukan.

Bagaimana? cukup mudah menggunakan perintah explode() ini. Jika masih bingung silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Semoga membantu Anda semua. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.
     

No comments:

Post a Comment